Kamis, 11 Januari 2018

Mengenal Mercedes-Benz OH 1525, Pelopor Electrical Engine Management Dari Bus Mercedes Di Indonesia

87

Sekarang, siapa yang tidak mengenal chassis andalan Mercedes – Benz di Indonesia saat ini.. 1521 E3, 1526, 1626.. yang menjadi favorit dari hampir seluruh PO yang ada di Indonesia, namun tentu chassis  tersebut tidak akan ada tanpa sang predecessor yang menyeruak di medio 2000-an, Mercedes OH 1525.. yang membawa bus Mercedes-Benz di Indonesia memasuki era baru setelah sekian lama bertahan dengan teknologi yang
terbilang konvensional namun sudah teruji


Mercedes-Benz OH 1525 masuk pada 2004 dengan membawa hal baru, yaitu penggunaan Engine Control Unit, yang mana pada generasi sebelumnya OH 1521 Intercooler belum mengadopsi teknologi ini. walau sempat muncul bus mercedes yang sudah terbilang membawa teknologi terbaru seperti 1632 pada tahun 2003 yang diusung operator bus Pariwisata, Bluestar.. namun 1525 inilah yang dipasarkan secara resmi karena harganya jauh lebih murah

Berikut Spesifikasi Mercedes-Benz OH 1525 (Euro 2) 

Mesin
Model OM 906 LA II
Tipe 6 Silinder, Inline, Turbocharged, Intercooler
Daya Maksimum 180 kW (245 PS) @2300 rpm
Torsi Maksimum 900 Nm (92 m/kgf) @1200-1500 rpm
Volume 6374 cc

Kopling MF 395, Pelat kering tunggal, digerakan dengan sistem hidraulis-pneumatis

Transmisi G 85 – 6 / 6.7 – 0.73 Manual, 6 gigi kecepatan maju – Sinkromes penuh

Gandar Depan VL3/7D-5, forged steel I-beam
Gandar Belakang HH4/05D-10, dengan diameter crown wheel 410 mm

Rem
Rem Utama Sirkuit Ganda – Udara tekan penuh, Rem Tromol
Rem Parkir Tekanan pegas pada silinder rem, dengan kendali udara tekan, bekerja pada roda belakang
Rem Tambahan Rem Gas buang, digerakan dengan elektro-pneumatis

Suspensi
Depan&Belakang Semi elliptic leaf spring dengan shock absorbers dan stabilizer

Berat Total (kg)
Gandar Depan 5000
Gandar Belakang 10000
Total 15000

Dimensi (mm)
Jarak Sumbu Roda 5950
Julur Depan 2100
Julur Belakang 3350
Panjang Keseluruhan 11400

Unjuk kerja Kendaraan
Kecepatan Maksimum 116 Km/jam
Kemampuan Tanjak maks. 36%

Chassis Mercedes-Benz OH1525 yang diborong PO Nusantara
Penampakan depan


Penampakan belakang


Ciri khas 1525 yang bisa kita lihat cukup mudah pada eksterior maupun interior,dari sisi eksterior terletak pada panjang overhang depan yang tidak sepanjang 1526, namun lebih panjang dari 1521 intercooler. Panjang overhang depannya hampir mirip Hino RK-T.. untuk dibagian belakang memang agak susah mencirikannya.. karena sama persis dengan 1526. Hanya bila dilihat dengan lebih seksama lagi.. ada perbedaan pada as roda belakang (?) yang mana bila dilihat jelas, memiliki bentuk oktagon / segi delapan dengan logo mercedes ditengahnya.. dan juga menjadi yang terakhir dari generasi bus Mercedes yang memakai As roda belakang seperti itu.. sejak 1526 sudah polos


OH 1525 sendiri akhirnya direplace dengan hadirnya OH 1526 pada tahun 2010 sebagai suksesor dari chassis / mesin revolusioner tersebut.. dan kini keberadaan OH 1525 masih sering ditemui namun secara kasat mata, populasinya memang tidak sebanyak OH 1521 Intercooler dan OH 1526.. Penulis sendiri masih merasakan bila Mercedes – Benz OH 1525 terasa lebih mengisi torsinya dikala menanjak dibandingkan 1526, sepertinya perbedaan memang terletak pada mapping ECU.

Semoga bermanfaat.





































.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar