Halo,
kali ini gua bakal sharing tentang apa yang diharapkan di industri gaming di
tahun 2018 ini.
1 – PREDATORY BUSINESS MODEL
Gua
harap semakin ketat untuk business model yang predatory di industry gaming, hal
ini udah semakin terbuka sekarang dan pemerintah udah semakin kenal dengan hal
tersebut. Indonesia mau ngebangun IGRS, semoga dengan hal ini IGRS bisa membuka
jalan untuk presentase atau memperingatkan untuk bisnis model-model predatory
atau gambling, seperti implementasi via lootbox maupun rolling machine. Semoga system
microtransactions lebih sehat dan tidak terkesan predatory, atau memanfaatkan.
2 – INDIE GAMES
Semoga
banyak game-game indie yang mencoba hal baru, berkarya menciptakan game yang
lebih mengkedepankan kualitas story line dan mekanisme dari pada menjual fitur
dan hype. Kita lihat tahun 2017 menjadi tahun yang cukup baik untuk industry
indie game. Banyak banget game-game indie yang penjualan nya mencapai di atas
1juta copy. Semoga di tahun 2018 kita para gamers bisa lebih banyak melihat
atau mencari indie games. Dan kita sebagai gamers, harus lebih proactive untuk
melihat-lihat game game tersebut, karena mereka tidak memiliki budget marketing
seperti AAA title.
3 – VIRTUAL REALITY
Semoga
VR lebih accessible, sekarang kita lihat betapa tinggi nya potensi yang
dimiliki oleh VR. Hanya sekarang mahal
banget, dan itu hal yang wajar karna ini adalah teknologi yang masih baru
banget, dan sudah sewajar nya kita berterima kasih kepada early adopters, karna
dari mereka lah harga VR semakin accessible. Gua berharap di tahun 2018 VR Headset
semakin banyak opsi nya, semakin murah , dan semakin tumbuh development dalam
bidang VR nya. Walaupun di tahun 2017 perkembangan nya cukup lambat, tapi
growth nya masih stabil dan merata.
4 – DRM SYSTEMS
System
DRM yang terlalu intrusive semoga di tinggalkan. System DRM seperti DENUVO yang
kemaren berakibat para pemilik AKHAM KNIGHT, yang tidak bisa di akses karena
Denuvo bermasalah. System DRM yang always on dan intrusive ini justru membebankan
para pelanggan yang berbayar. Pelanggan yang seharusnya di utamakan justru
menjadi korbannya , kasus yang sama di ungkapkan terhadap Performa AC ORIGINS
banyak yang mengatakan karena system proteksi denuvo yang justru memakan
performa dari game nya itu sendiri yang membuat game nya tidak selancar seperti
semesti nya.
5 – GAME PORTING
Semoga
jepang melihat bahwa pasar PC itu cukup menjanjikan. Mereka sudah melihat
kemampuan pasar PC untuk Game-game yang mereka sudah Porting dan penjualannya
cukup tinggi, semoga mereka bisa melihat bahwa porting ke PC adalah hal yang
masuk akal bagi mereka. Biarkan game-game ekslusif tetap ada dalam jangka waktu
yang telah di tentukan dalam kontrak, seperti pada kasus nya Final Fantasy.
Semakin banyak game nya yang bisa di akses oleh orang, semakin besar juga
kesempatan yang didapatkan bagi para developer nya dan hal yang sama seperti
game PC yang bisa di akses juga di Console.
Jadi
inilah apa yang gua harapkan di tahun 2018 dalam industry gaming, semoga apapun
harapan kalian juga di industry game ini bisa terwujudkan di tahun 2018.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar