Kamis, 11 Januari 2018

History of Born DotA 2




DotA 2 ialah game multiplayer online battle arena (MOBA), merupakan sebuah sekuel dari
Defense of the Ancients mod pada Warcraft 3 : Ring of Chaos dan Warcraft 3 : The Frozen Throne.
DotA 2 dikembangkan oleh Valve Corporation, yang terbit dibulan Juli tahu 2013
DotA 2 dimainkan oleh 2 team yang beranggotakan 5 orang pemain, dan setiap team memiliki markas yang berada pada pojok peta, dan setiap markas memiliki satu bangunan bernama “Ancient”.
Team diharuskan menghancurkan “Ancient” team lainnya agar dapat memenangkan pertandingan.
Setiap pemain mengontrol satu karakter “Hero” yang berfokus untuk menaikkan level, mengumpulkan gold, membeli item dan melawan team lawan untuk bisa menang.
Perkembangan DotA 2 dimulai sejak tahun 2009. Ketika pengembang mod DotA, Iceforg dipekerjakan oleh Valve sebagai lead designer.
Sampai pertengahan 2017 DotA 2 menjadi game yang memiliki aktivitas pemain paling banyak di Steam, dengan puncak 800.000 pemain online bersamaan setiap hari.
Sejarah game ini dimulai ketika kelahiran sebuah game real time strategy bernama Starcraft buatan Billizard. Game ini cukup populer karena berhasil membawa unsur real time pada game bergenre strategy. Secara singkat, Starcraft sendiri bercerita tentang pertempuran tiga bangsa diluar angkasa yaitu ; Protos, Terran, dan Zerg. Tingkat kompetitif dan mekanik yang seru dari Starcraft segera terlihat dan berhasil memikat banyak orang. Sayangnya, Starcraft tidak begitu ramah bagi pemain baru karena kompleksitas game yang dimilikinya.
Sebagai solusi, Billizard memberikan World Editor agar para pemain dapat memainkan berbagai custom game yang dibuat dengan engine Starcraft sebagai basisnya.
Hasilnya, sekitar tahun 2000, custom game buatan Aeon 6A bernama Aeon of Strife.
Aeon of Strife, custom game dari Starcraft, kemudian jadi konsep utama penciptaan DotA oleh Eul.
Kehadiran Warcraft: Reign of Chaos (ROC) pada tahun 2002 menjadi babak baru dalam sejarah DotA.
Yang menjadikannya menarik, ROC  dibekali dengan World Editor layaknya Starcraft. Kehadiran World Editor ini memicu para pembuat custom map untuk bereksperimen menciptakan game menarik dengan Warcraft ROC  sebagai basisnya. Kehadiran Eul, yang mencoba mengembangkan sebuah permainan menggunakan ROC World Editor layaknya AoS.
Cutom game tersebut Eul namakan Defense of the Ancient, yang kemudian disingkat dan kita kenal dengan DotA. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar