
DotA 2 ialah game multiplayer online battle arena (MOBA), merupakan
sebuah sekuel dari
Defense of the Ancients mod pada Warcraft 3 : Ring of Chaos
dan Warcraft 3 : The Frozen Throne.
DotA 2 dikembangkan oleh Valve Corporation, yang terbit
dibulan Juli tahu 2013
DotA 2 dimainkan oleh 2 team yang beranggotakan 5 orang
pemain, dan setiap team memiliki markas yang berada pada pojok peta, dan setiap markas memiliki satu
bangunan bernama “Ancient”.
Team diharuskan menghancurkan “Ancient” team lainnya agar dapat
memenangkan pertandingan.
Setiap pemain mengontrol satu karakter “Hero” yang berfokus
untuk menaikkan level, mengumpulkan gold, membeli item dan melawan team lawan untuk bisa menang.
Perkembangan DotA 2 dimulai sejak tahun 2009. Ketika pengembang
mod DotA, Iceforg dipekerjakan oleh Valve sebagai lead designer.
Sampai pertengahan 2017 DotA 2 menjadi game yang memiliki
aktivitas pemain paling banyak di Steam, dengan puncak 800.000 pemain online
bersamaan setiap hari.
Sejarah game ini dimulai ketika kelahiran sebuah game real
time strategy bernama Starcraft buatan Billizard. Game ini cukup populer karena
berhasil membawa unsur real time pada game bergenre strategy. Secara singkat,
Starcraft sendiri bercerita tentang pertempuran tiga bangsa diluar angkasa
yaitu ; Protos, Terran, dan Zerg. Tingkat kompetitif dan mekanik yang seru dari
Starcraft segera terlihat dan berhasil memikat banyak orang. Sayangnya,
Starcraft tidak begitu ramah bagi pemain baru karena kompleksitas game yang
dimilikinya.
Sebagai solusi, Billizard memberikan World Editor agar para
pemain dapat memainkan berbagai custom game yang dibuat dengan engine Starcraft
sebagai basisnya.
Hasilnya, sekitar tahun 2000, custom game buatan Aeon 6A
bernama Aeon of Strife.
Aeon of Strife, custom game dari Starcraft, kemudian jadi
konsep utama penciptaan DotA oleh Eul.
Kehadiran Warcraft: Reign of Chaos (ROC) pada tahun 2002
menjadi babak baru dalam sejarah DotA.
Yang menjadikannya menarik, ROC dibekali dengan World Editor layaknya
Starcraft. Kehadiran World Editor ini memicu para pembuat custom map untuk
bereksperimen menciptakan game menarik dengan Warcraft ROC sebagai basisnya. Kehadiran Eul, yang mencoba
mengembangkan sebuah permainan menggunakan ROC World Editor layaknya AoS.
Cutom game tersebut Eul namakan Defense of the
Ancient, yang kemudian disingkat dan kita kenal dengan DotA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar